Cara Mudah Membatalkan Pesanan Belanja Online

Lifestyle Tips

Berbelanja merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap orang. Hal tersebut sudah menjadi bagian dari roda kehidupan menusia karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa bantuan dari orang lain.

Seiring berkembangnya teknologi, para penjual pun semakin memperluas teknik pemasaran mereka salah satunya dengan sistem digital atau online. Dengan belanja online, para pembeli tidak perlu antri berjam-jam untuk memilih atau pun membayar di kasir. Cukup sediakan kuota internet dan Anda pun dapat memilih barang secara leluasa.

Kemudahan serta kenikmatan inilah yang membuat orang sering lupa akan kebutuhan mana yang harus didahulukan dan mana yang keinginan. Ditambah dengan promosi potongan harga yang makin menggiurkan mata, customer pun semakin yakin akan pilihan mereka.

Namun dari semua hal tersebut, ada satu hal yang harus diperhatikan secara saksama oleh para pembeli ketika belanja online. Mencermati deskripsi produk serta garansi pengembelian apabila produk tidak sesuai harapan merupakan kegiatan wajib sebelum Anda berbelanja.

Lalu apa jadinya bila Anda sudah terlanjur membeli namun barang tidak sesuai harapan? Jangan khawatir karena Anda bisa membatalkan pesanan Anda dengan 3 langkah mudah. Namun langkah-langkah di bawah ini hanya berlaku bila Anda belum melakukan pembayaran.

  1. Pertama, masuklah ke akun Blibli Anda lalu pilihlah menu “Pesanan” yang terletak di pojok kiri atas layar.
  2. Setelah itu akan muncul tampilan pesanan Anda saat ini. Pilihlah menu “Batalkan Pesanan”.
  3. Kemudian Blibli akan mengonfirmasi apakah Anda ingin membatalkan pesanan. Pilihlah “Ya, batalkan pesanan”.

Apabila Anda sudah terlanjur melakukan pembayaran pada salah satu situs belanja online dan baru menyadari jika barang yang Anda beli kurang memuaskan atau tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan, yang bisa Anda lakukan adalah menunggu barang sampai di tangan Anda kemudian lakukan pengembalian, karena barang yang sudah di bayar tidak dapat dibatalkan.

Langkah-langkah di atas juga hanya berlaku untuk membatalkan pesanan belanja secara umum serta pembatalan tiket kereta dan pesawat yang belum dibayar. Apabila Anda sudah terlanjur membayar namun rencana bepergian Anda tertunda atau batal, syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak Blibli pun berbeda.

Untuk pembatalan tiket kereta, pihak Blibli tidak dapat melakukannya  karena hal tersebut berkaitan langsung dengan PT KAI. Oleh karena itu, Anda hanya bisa menghubungi pihak PT KAI di 021 121 dengan syarat permohonan dilakukan di loket stasiun yang ditunjuk selambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Selain itu, pembatalan tiket akan dikenakan pemotongan biaya sebesar 25% dari harga asli tiket. Pembatalan ini juga hanya bisa dilakukan oleh pemesan dengan menunjukkan kartu identitas diri. Namun apabila Anda berhalangan dan diwakilkan harus ada surat kuasa bermaterai.

Kebijakan pembatalan tiket pesawat pun lain lagi. Customer harus memeriksa dengan saksama kebijakan pembatalan yang tertera dalam tiket Anda. Terdapat dua tipe yang pertama “Refundable” atau “dapat di-refund” dan kedua “Non-Refundable” atau “tidak dapat di-refund”.

Apabila di tiket Anda tertera tulisan Refundable, maka pesanan Anda dapat dibatalkan serta uang Anda akan kembali. Namun apabila di tiket Anda terdapat tulisan Non-Refundable, maka tiket yang Anda pesan tidak dapat dibatalkan atau tidak dapat dilakukan perubahan pesanan. Jumlah pengembalian dana pun beragam tergantung kebijakan maskapai yang Anda gunakan.

Untuk mencegah salah membeli atau memesan produk saat belanja online, pastikan barang yang Anda beli sesuai keinginan serta cermati baik-baik deskripsi produk yang terdapat dalam web Blibli. Karena apabila kesalahan terletak pada pembeli atau customer pihak Blibli tidak dapat membantu. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.