Mengenal Penyebab Umum Tumor Otak

Kesehatan

Apa Penyebab Tumor Otak dan Tulang Belakang pada Orang Dewasa?

Penyebab sebagian besar tumor otak dan sumsum tulang belakang tidak sepenuhnya dipahami, dan ada beberapa faktor risiko yang sangat mapan. Tetapi para peneliti telah menemukan beberapa perubahan yang terjadi pada sel-sel otak normal yang dapat menyebabkan mereka membentuk tumor otak.

Sel manusia normal tumbuh dan berfungsi terutama berdasarkan informasi yang terkandung dalam DNA setiap sel. Tumor otak dan sumsum tulang belakang, seperti tumor lainnya, disebabkan oleh perubahan DNA di dalam sel. DNA adalah bahan kimia yang membentuk gen kita, yang mengontrol bagaimana sel-sel kita berfungsi. Kita biasanya terlihat seperti orang tua kita karena mereka adalah sumber DNA kita. Tetapi DNA lebih memengaruhi daripada penampilan kita.Beberapa gen mengontrol kapan sel kita tumbuh, membelah diri menjadi sel baru, dan mati:

  • Gen tertentu yang membantu sel tumbuh, membelah, dan tetap hidup disebut onkogen.
  • Gen yang membantu menjaga pembelahan sel di bawah kendali, atau membuat sel mati pada waktu yang tepat, disebut gen penekan tumor.

Kanker dapat disebabkan oleh perubahan DNA yang menghidupkan onkogen atau mematikan gen penekan tumor. Perubahan gen ini dapat diwarisi dari orang tua, tetapi lebih sering terjadi selama seseorang hidup.

Perubahan gen yang diturunkan

Para peneliti telah menemukan perubahan gen merupakan penyebab beberapa sindrom turunan yang langka (seperti neurofibromatosis, tuberous sclerosis, sindrom Li-Fraumeni, dan sindrom von Hippel-Lindau) dan meningkatkan risiko mengembangkan beberapa tumor otak dan sumsum tulang belakang. Misalnya, sindrom Li-Fraumeni disebabkan oleh perubahan gen penekan tumor TP53. Biasanya, gen ini mencegah sel dengan DNA yang rusak tumbuh. Perubahan gen ini meningkatkan risiko mengembangkan tumor otak (terutama glioma), serta beberapa kanker lainnya.

Perubahan gen diperoleh selama masa hidup seseorang

Paling sering, tidak diketahui mengapa orang tanpa sindrom turunan mengembangkan tumor otak atau sumsum tulang belakang. Sebagian besar paparan yang menyebabkan kanker entah bagaimana merusak DNA. Sebagai contoh, asap tembakau merupakan faktor risiko kanker paru-paru dan beberapa kanker lainnya karena mengandung bahan kimia yang dapat merusak gen di dalam sel. Otak relatif terlindung dari asap tembakau dan bahan kimia penyebab kanker lainnya yang mungkin kita hirup atau makan, sehingga faktor-faktor ini kemungkinan tidak memainkan peran utama dalam kanker ini.

Beberapa perubahan gen yang berbeda biasanya terjadi pada sel normal sebelum menjadi kanker. Ada banyak jenis tumor otak, yang masing-masing memiliki set perubahan gen yang berbeda. Sejumlah perubahan gen telah ditemukan pada berbagai jenis tumor otak, tetapi mungkin ada banyak lainnya yang belum ditemukan.

Para peneliti sekarang memahami beberapa perubahan gen yang terjadi pada berbagai jenis tumor otak, tetapi masih belum jelas apa yang menyebabkan sebagian besar perubahan ini. Beberapa perubahan gen mungkin diwariskan, tetapi sebagian besar tumor otak dan sumsum tulang belakang bukan hasil dari sindrom turunan yang diketahui. Selain radiasi, tidak ada faktor gaya hidup atau lingkungan yang diketahui secara jelas terkait dengan tumor otak. Sebagian besar perubahan gen mungkin hanya peristiwa acak yang kadang-kadang terjadi di dalam sel, tanpa penyebab luar.

Risiko dan penyebab tumor otak

Risiko Anda terkena kanker tergantung pada banyak hal termasuk usia Anda, genetika, gaya hidup dan faktor lingkungan. Apa pun yang dapat meningkatkan risiko Anda disebut faktor risiko. Faktor risiko untuk mengembangkan tumor otak termasuk bertambahnya usia dan riwayat keluarga. Tetapi memiliki faktor risiko tidak berarti Anda pasti akan menderita tumor otak.

Usia

Tumor otak dapat dimulai pada usia berapa pun. Tetapi seiring bertambahnya usia, risiko mengembangkan sebagian besar kanker, termasuk tumor otak, meningkat. Usia rata-rata diagnosis tumor otak adalah antara 85 dan 89 tahun.

Kegemukan dan obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko jenis tumor otak yang disebut meningioma. Sekitar 2 dari 100 tumor otak (2%) yang didiagnosis di Inggris setiap tahun disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas. Cobalah untuk menjaga berat badan yang sehat dengan tetap aktif secara fisik dan makan makanan yang sehat dan seimbang.

Radiasi medis (radiasi pengion)

Radiasi pengion adalah jenis radiasi yang digunakan oleh beberapa scan medis, seperti x-ray dan CT scan. Pemindaian ini penting untuk membantu mendiagnosis banyak penyakit, termasuk kanker. Kurang dari 1 dari setiap 100 tumor otak (kurang dari 1%) yang didiagnosis di Inggris disebabkan oleh radiasi pengion. Risiko radiasi dari pemindaian medis biasanya sangat rendah. Dokter dan dokter gigi Anda akan menjaga paparan radiasi serendah mungkin. Mereka hanya akan melakukan rontgen dan CT scan jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.